beritadunesia-logo

Ayam Betutu dan Ayam Besisit, Olahan Ayam Asli Pulau Dewata

Jumat,2014-07-11,08:58:00
ayam-betutu-dan-ayam-besisit-olahan-ayam-asli-pulau-dewata | Berita Positive
(Berita Dunesia) Jakarta - Pulau dewata punya olahan ayam berbumbu pedas yang sedap. Beragam jenis bumbu dipadukan dengan daging ayam yang gurih. Dilengkapi daun jeruk dan serai yang wangi. Untuk upacara atau santapan sehari-hari sama lezatnya.

Olahan ayam khas Bali umumnya memakai bumbu lengkap dengan rasa gurih, pedas dan aroma wangi rempah. Jangan lupa cicipi sajian ayam ini jika singgah ke Bali.

1. Ayam betutu

Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh berisi bumbu yang dipanggang dalam api sekam. Ayam betutu ini makanan asli khas Gilimanuk. Ayam betutu biasanya digunakan dalam sajian pada upacara keagamaan dan adat.

Akan tetapi sekarang ayam betutu juga banyak dijual diberbagai restoran. Ayam betutu dibuat dengan campuran bumbu seperti cabai merah, jahe, kunyit, lengkuas, serat, bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk, kemiri, jeruk purut, merica dan garam. Saat disajikan ayam betutu biasanya diberi pelegkap sambal matah.

2.Ayam besisit

Ayam besisit disebut juga sebagai ayam suwir pedas khas Bali.  Ayam suwir ini memiliki rasa yang unik, tidak hanya manis saja karena bumbu tumis yang digunakan antara lain terasi, kencur dan asam jawa serta bumbu cabai yang pedas gurih. Ayam suwir atau sisit ini merupakan salah satu pelengkap nasi campur Bali.

3. Lawar ayam

Lawar merupakan masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui dan berasal dari Bali. Lawar tak hanya dapat dibuat dengan sajian daging ayam akan tetapi juga dapat dibuat dengan jenis daging lain.

Penyajian lawar di tiap daerah bervariatif, misalnya di Badung dan Gianyar menggunakan campuran kacang panjang akan tetapi di Buleleng sayuran dibuat terpisah yang dinamakan "jejeruk" yang biasanya terbuat dari nangka muda, kacang panjang atau kates.

4. Ayam panggang mesanten

Ayam merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk sesajen di bali. Setelah digunakan untuk sesaji, ayam dimasak menjadi hidangan lezat. Dalam memasaknya ayam ini tak hanya dipanggang lalu disajikan. Akan tetapi setelah di panggang, ayam dapat disajikan utuh atau disuwir dan dicampur dengan bumbu dan santan.
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO