beritadunesia-logo

National Post



Bogor, Kota Artistik untuk "Sketch Traveling"

Selasa,2017-10-17,11:32:12
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
Berita Terbaru
(Berita Dunesia)
JAKARTA - Traveling sambil hunting foto mungkin sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang-orang. Namun tur yang satu ini mencoba membuat tren baru bagi Anda yang gemar traveling dan menggambar.

The 101 Hotel & Resort bersama PHM Hospitality dan Komunitas Sketchwalker akan menyelenggarakan 101 Travel Sketch yang diadakan pada tanggal 28-29 Oktober di Kota Bogor. Ditemani rekan komunitas Sketchwalker, Anda akan diajak jalan-jalan mengelilingi Kota Hujan sambil mengambar sketsa suasana di Bogor.

Acara ini diramaikan oleh kehadiran beberapa seniman sketcher antara lain Motulz Anto, Seto Parama Artho, Iqbal Amirdha, Corentanino, Artyan Trihandono, Yandi Prayudhi, dan Sheila Rooswitha Putri.

Obyek-obyek wisata yang diambil pun merupakan destinasi Bogor yang memiliki ciri khas arsitektur yang menarik. Mulai dari Jalan Suryakencana, Kebun Raya Bogor, sampai Pulau Geulis.

Di Jalan Suryakencana, Anda akan disambut kawasan wisata kuliner serta Pecinan. Toko-toko lawas yang berjejer di kiri-kanan jalan membuat kental suasana Pecinan di Kota Hujan. 

Di Kebun Raya Bogor, Anda dapat menemukan beberapa bangunan tua bekas kolonial yang cocok menjadi objek gambar. Istana Presiden sampai laboratorium siap dijadikan sketsa gambar. Selain itu, rindangnya Kebun Raya Bogor membuat suasana menggambar menjadi lebih nyaman dan adem.

Obyek wisata terakhir adalah Pulau Geulis. Mungkin bagi Anda yang belum pernah mampir ke pulau satu ini merasa kebingungan tentang keberadaan pulau di Kota Bogor. Namun nyatanya, pulau seluas 3,5 hektar ini nyata menjadi salah satu wisata unik yang dihadirkan di Bogor.

Pulau yang diapit aliran Sungai Ciliwung ini menyajikan pemandangan Kota Bogor yang berbeda dari yang lain. Asimilasi budaya dari Arab hingga Tionghoa sangat terasa di pulau ini. Salah satu spot wisata yang terkenal di Pulau Geulis adalah vihara Maha Brahma Pan Kho Bio.

Rangkaian Acara

Untuk mengikuti rangkaian acara, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs resmi 101 Travel Sketch yang akan dihelat pada tanggal 28-29 Oktober 2017. Setelah itu, Anda dapat melakukan pembayaran registrasi sesuai biaya yang ditentukan.

Untuk mengikuti Workshop, Anda akan dikenakan biaya Rp 150.000 untuk satu kali workshop dan Rp 250.000 untuk dua kali workshop. Pendaftaran paling lambat tanggal 25 Oktober 2017.

Rangkaian acara akan dimulai pada tanggl 28 Oktober 2017. Anda dapat mengikuti beberapa workshop bersama para seniman. Kemudian pada sore hari, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri Jalan Suryakencana bersama Artyan Trihandono, Yandi Prayudhi, juga komunitas Sketchwalker dan Bogor Sketcher.

Pada hari kedua, Anda akan diajakan untuk menyusuri Kebon Raya Bogor dan lingkungan Istana Kepresidenan Bogor bersama Sheila Rooswitha Putri, Sketchwalker dan Bogor Sketchers. Kemudian perjalanan dialnjutkan menuju Pulay Geulis.

Penulis:WIENDA PUTRI NOVIANTY
Editor :Sri Anindiati Nursastri
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS