beritadunesia-logo

Jumat,2014-07-11,14:08:14
Heaven underwater
Berita Terbaru
(Berita Dunesia) Jayapura - Perjalanan ke Papua, selalu menjadi impian buat semua traveler. Perjalanan kali ini menuju Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Kalah tenar dari Raja Ampat, tapi menyimpan alam yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Perjalanan kali ini dilakukan ketika mendapatkan kesempatan bertugas ke Papua Barat, tepatnya di Kota Manokwari. setelah menyelesaikan pekerjaan, kami berencana untuk menjelajahi kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC).

Kami memulai perjalanan dari Kota Manokwari, menuju Teluk Wondama dengan menempuh waktu 4 jam. Sampai di Teluk Wondama, telah siap sebuah perahu yang sengaja disewa untuk mengantarkan kami mengelilingi wilayah TNTC. Perjalanan pun dimulai, kondisi perairan yang tenang membawa kami ke spot pertama snorkeling. Namun, karena hari sudah sore, kondisi cahaya sudah tidak terlalu mendukung untuk kegiatan snorkeling kami.

Kami memutuskan untuk beristirahat di Desa Waprak, sebuah desa yang masih sangat alami, belum ada tenaga listrik di desa ini namun warga tetap menikmati kehidupan mereka. Kami meminta izin pada warga sekitar dan diizinkan untuk menginap di rumah kepala desa setempat.

Keesokan harinya, kami memutuskan untuk memulai petualangan, start tepat pukul 08.00 WIT kami menuju wilayah yang telah ditentukan. Kami menemukan spot snorkeling yang dikelilingi tebing karang dan air yang sangat jernih. Kondisi terumbu karang yang masih terjaga dan laut yang tanpa sampah menjadi bukti bahwa ini adalah surga tersembunyi di tanah Papua.

Kami dapat melihat ikan laut berkeliaran di perairan dangkal, bahkan ketinggian air tidak mencapai 2 meter sehingga terasa sangat dekat. Menjelang siang, hujan turun menemani aktivitas kami, namun dengan kondisi dikelilingi pulau pulau kecil, kawasan ini sangat aman dari ombak dan gelombang laut.

Setelah hujan berhenti, air pun menjadi lebih jernih. Kami melanjutkan kegiatan snorkeling kami, hingga hampir 6 spot kami telusuri untuk menikmati keindahan bawah laut Papua.

Menjelang sore, kami kembali ke Teluk Wondama, mempersiapkan diri kamu untuk kembali ke Kota Manokwari. Liburan mungkin berakhir tapi keinginan untuk tetap menikmati Indonesia tidak akan pernah berakhir. Hanya ada satu kata, Indonesia itu indah!