beritadunesia-logo

International News



Dieng Diusulkan Jadi Geopark Kelas Dunia

Senin,2016-04-11,09:52:14
Telaga Dringo dataran tinggi Dieng
Berita Terbaru
(Berita Dunesia)
WONOSOBO - Dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dinilai layak sebagai kawasan geopark kelas dunia. Dieng memiliki menyimpan sejuta pesona alam yang memikat bagi wisatawan.

 

Tidak hanya itu, kawasan ini pun laksana laboratorium raksasa dan beragam isinya siap digali.

 

Adalah Priatna, seorang peneliti dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung yang telah melakukan eksplorasi di Dieng sejak 1991. Ia menemukan berbagai potensi alam tak terduga di kawasan vulkanik aktif itu.

 

Penelitian berawal dari rasa penasaran setelah kasus tewasnya ratusan warga Dieng karena diduga menghirup gas beracun di Dieng pada 1979.

 

"Kasus itu menggugah saya untuk melakukan eksplorasi lebih dalam di Dieng, terutama fokus pada kandungan gas beracun di dalamnnya," kata Priatna dalam keterangan pers di Wonosobo, Jumat (8/4/2016).

 

Kandidat doktor Unpad itu menyatakan bahwa selama melakukan penelitian tentang gas beracun, ia menemukan potensi alam yang luar biasa di kawasan dengan tinggi rata-rata sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut itu.

 

 

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Wisatawan membawa segelas kopi untuk menikmati pagi di tepi Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
 
"Saya sebut Dieng layak diajukan menjadi kawasan Taman Bumi atau Geopark kelas dunia," kata pria yang juga bekerja di Badan Geologi Bandung itu.

 

 

Menurut dia, di Indonesia baru ada dua geopark kelas dunia, yakni Kaldera Batur di Gunung Batur Bali dan Gunungsewu di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Adapun geopark kelas nasional ada empat kawasan di Indonesia, antara lain Rinjani, Toba, Merangin, dan Cileteuh Sukabumi.

 

"Dieng sudah sangat layak masuk sebagai geopark sekelas Batur dan Gunungsewu. Maka itu, saya bertemu dengan Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membahasnya lebih detail," kata Priatna.

 

Kepala Kantor Pariwisata dan Perekonomian Kreatif Kabupaten Wonosobo Agus Purnomo menyambut baik gagasan menjadikan Dieng menjadi salah satu geopark kelas dunia.

 

Sejauh ini pemerintah daerah setempat siap memfasilitasi upaya sosialisasi yang bakal digelar dalam waktu dekat.

 

 

BARRY KUSUMA Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
 
Menurut dia, dengan status sebagai geopark yang diakui Unesco Global Geopark (UGG), Dieng akan semakin ramai dikunjungi tidak hanya wisatawan akan tetapi juga para akademisi, baik domestik maupun dari mancanegara.

 

 

"Dengan status geopark juga merupakan upaya untuk melindungi keanekaragaman hayati beserta ekosistem lingkungan Dieng," kata Agus.

 

Dieng merupakan dataran tinggi yang memisahkan wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

 

 

Penulis : Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : I Made Asdhiana
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS