beritadunesia-logo

Agar Udang Rebus Renyah dan Manis, Ikuti Tips Cara Merebus Ini

Kamis,2014-08-14,11:34:49
agar-udang-rebus-renyah-dan-manis-ikuti-tips-cara-merebus-ini | Berita Positive
Kepala Udang
(Berita Dunesia) Jakarta - Terlihat sepele, tapi hasil udang rebus bisa menjadi kering dan tidak lagi juicy karena proses memasak yang salah. Ada beberapa faktor yang menentukan apakah udang bisa matang sempurna dan tak terlalu matang.

Udang rebus sangat nikmat dicocol sambal atau pun diolah menjadi hidangan lainnya. Agar rasa alami manis gurih tetap terjaga lakukan beberapa langkah ini.

1. Udang harus segar

Satu hal yang harus diperhatikan adalah kesegaran udang. 24 jam setelah udang dibeli, sebaiknya langsung dimasak dan sebaiknya pilih udang dengan kulit yang masih melekat. Salah satu indikasi udang yang sudah tak terlalu segar adalah aroma amonia yang tercium tajam.

2. Bumbu untuk merebus


Untuk merebus, Anda membutuhkan tiga hingga empat sendok makan cuka apel, dua sendok teh garam, dan 2 sendok teh air jeruk lemon. Dengan tambahan cuka apel ini udang lebih mudah dikupas.

3. Siapkan air

Panaskan air, masukkan bumbu rebusan dan tambahan rempah yang diinginkan. Masukkan udang dan rebus hingga mendidih.

4. Tiriskan

Rebus udang dengan kulit tiga hingga lima menit, setelah warnanya berubah kemerahan. Langsung tiriskan udang, lalu rendam dengan es batu. Hasilnya tekstur akan lebih lembut dan rasanya pun gurih manis.

5. Jangan buang kepala dan kulit


Kepala dan kulit udang adalah sumber rasa yang mempunyai aroma gurih dan manis. Setelah direbus dan dikupas, simpan kepala dan kulit dalam kantong plastik. Bisa diolah menjadi kaldu udang yang enak.
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO