beritadunesia-logo

National Post



5 Pilihan Destinasi Wisata untuk Keluarga Saat Long Weekend

Selasa,2017-08-01,11:02:56
Candi, titik spot snorkeling di Pahawang, Lampung.
(Berita Dunesia)

Akhir pekan panjang kali ini bisa Anda manfaatkan untuk berlibur bersama keluarga. Jika Anda warga Jakarta dan sekitarnya, serta tidak berniat memilih destinasi wisata yang terlalu jauh, berikut 5 destinasi wisata yang cocok untuk Anda.

 

Ada beragam pilihan destinasi wisata untuk keluarga sesuai minat, mulai dari wisata laut hingga rekreasi. Pilihan destinasi wisata berikut dikutip dari VIK Vakansi Indonesia. Anda bisa melihat pilihan lainnya di VIK Vakansi Indonesia.

 

1. Pahawang

Pulau Pahawang di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung, mulai dikenal wisatawan karena banyaknya spot untuk snorkeling dan konservasi terumbukarang. Pulau ini terletak dekat dari Jakarta, dan paling cocok disambangi sambil road trip bersama keluarga.

 

Ada empat pulau besar dan sedikitnya lima tempat snorkeling di perairan Pahawang. Anda dan keluarga juga bisa melakukan water sport,seperti banana boat.

 

Pahawang bisa diakses lewat dua cara, yakni udara dan laut. Namun, jika traveling bersama keluarga dari Jakarta, moda transportasi terbaik adalah mobil pribadi dengan cara roadtrip.

 

2. Magelang

Magelang di Jawa Tengah, menyuguhkan wisata budaya yang sangat beragam. Kota yang kaya akan sejarah dan budaya ini cocok untuk disambangi bersama keluarga.

Bukit Punthuk Setumbu memberikan alternatif lain untuk menikmati Borobudur dari kejauhan.(Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia)
Gugusan candi mulai dari Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Ngawen, sampai Candi Canggal memiliki keunikan masing-masing.

  

Aneka destinasi tersebut bisa dinikmati dengan sentuhan berbeda, seperti berendam di pemandian peninggalan putri raja, melihat keindahan sunrise dari Phuntuk Setumbu, dan masih banyak lagi.

 

3. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung menjadi tempat yang tepat untuk Anda dan keluarga berekreasi dalam waktu satu sampai tiga hari. Berlokasi di daerah Pantai Barat Jawa, Provinsi Banten, tepat di atas Taman Nasional Ujung Kulon, pesonanya yang indah menjadikannya destinasi pariwisata prioritas pada 2016.

 

Di pantai pasir putih seluas 15 kilometer ini, Anda bisa menikmati bermacam-macam rekreasi hingga atraksi wisata yang memesona.

 

Ditambah suguhan panorama pantai yang bersih dengan pemandangan Anak Gunung dan Gunung Krakatau menjadi pesona tersendiri. Selain itu, memandang matahari terbenam di pinggir Selat Sunda itu menjadi momentum berharga bersama keluarga.

Kompleks Candi Arjuna di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kompleks candi Hindu peninggalan dari abad ke-7 memiliki tujuh candi yaitu Semar, Gatotkaca, Puntadewa, Srikandi, Sembadra, Bima dan Dwarawati. (KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO )
4. Dieng

Tak salah jika Anda memilih Dataran Tinggi Dieng sebagai destinasi wisata budaya bersama keluarga. Daerah dengan julukan “Negeri di Atas Awan” ini disebut-sebut dataran tinggi terindah di Pulau Jawa.

 

Dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl, Anda dan keluarga bisa mengunjungi beberapa destinasi alam dan budaya. Ada sekitar 20 destinasi yang bisa disambangi di sini. Candi Arjuna, Bukit Sikunir, hingga kawah-kawah nan eksotis, siap menjamu Anda di sana.

 

5. Banjarmasin

"Kota Seribu Sungai" adalah julukan yang pantas untuk kota di Kalimantan Selatan ini. Masyarakat seakan hidup selaras dengan sungai yang membelah kota mereka. Ada lebih dari 100 sungai yang melintasi Banjarmasin. Sungai Martapura menjadi primadona karena berada di tengah kota.

 

Ada banyak aneka wisata yang bisa dilakukan di sungai, mulai dari membeli aneka jajanan di Pasar Terapung hingga rekreasi seru-seruan di sungai.

 

 

PenulisNi Luh Made Pertiwi F

EditorI Made Asdhiana 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS