beritadunesia-logo
Luvi-Adventure
  

Siapa Sangka, Danau Cantik Ini Lahir dari Bekas Bencana

Kamis,2017-10-05,17:02:55
(Berita Dunesia)
Toba Samosir - Danau Toba menyandang predikat danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Namun tahukah kamu, danau ini lahir dari bencana dahsyat di masa lalu.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Kabupaten Toba Samosir, Kamis (28/9/2017), Danau Toba merupakan danau tekto-vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba jutaan tahun lalu.

Konon, letusan Gunung Toba menyebabkan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup dan menyusutkan jumlah populasi manusia saat itu. Saking dahsyatnya, letusan Gunung Toba menciptakan kaldera yang kini menjadi Danau Toba.

Danau Toba memiliki panjang mencapai 100 kilometer dengan lebar hingga 30 kilometer. Sungguh luas sekali, hingga banyak traveler yang mengatakan danau ini seperti lautan kecil saja saking luasnya.

Karena luasnya itu, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat langsung keindahan alam Danau Toba. Beberapa yang populer adalah Parapat, Pulau Samosir dan Balige.

Mampir ke Samosir, traveler bisa menari tortor bareng boneka Sigale-gale di Museum Huta Bolon. Dari beberapa spot di Samosir, traveler juga bisa mengagumi indahnya panorama Danau Toba.

Bagi traveler yang ingin melihat budaya Batak, bisa mampir ke Danau Toba antara bulan Agustus dan September untuk melihat Festival Danau Toba. 
 
 
(rdy/aff) 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS