beritadunesia-logo
Luvi-Adventure
  

Mendaki Gunung Prau Saat 17 Agustus? Ini 6 Jalur Resmi...

Senin,2016-08-15,08:25:13
Suasana perayaan HUT RI yang Ke-69 di Gunung Prau kawasan datran tinggi Dieng Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah
Berita Terbaru
(Berita Dunesia)
JAKARTA - Jika ingin mendaki Gunung Prau, Jawa Tengah pada 17 Agustus mendatang, ada baiknya memperhatikan jalur-jalur resmi yang bisa dilewati. Terdapat tujuh jalur resmi yang bisa dilewati pendaki menuju Puncak Gunung Prau.

 

Adapun jalur-jalur pendakian resmi Gunung Prau yakni jalur Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung; jalur Dusun Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal; Jalur Dusun Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Kalilembu, Kabupaten Wonosobo; Dusun Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

 

"Enam jalur itu resmi yang sudah kita ketahui dan kerja sama dengan Perhutani. Jalur itu sudah ada sejak dulu, mulai terkoordinasi akhir tahun 2015 dan awal tahun sudah bisa dilewati," Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, Herman Sutrisno saat dikonfirmasi.

 

Menurut Herman, tujuh pilihan jalur tersebut bisa digunakan oleh pendaki yang ingin menuju Puncak Gunung Prau. Ia menambahkan, setiap jalur memiliki karakteristik yang berbeda sebelum tiba di puncak gunung.

 

"Tujuh jalur itu bisa jadi pilihan mau lewat jalur mana. Kalau yang pertama kali biasanya cenderung lewat Dieng, kalau mau cepat lewat Puncak Patak Banteng, kalau mau lewat lain bisa lewat daerah-daerah yang terdekatnya dari pintu masuk," jelasnya.

 

Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Prau, Paulus Nugrahajati juga mengatakan, dengan adanya jalur tersebut, pendaki bisa menghindari penumpukan di jalur Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Tujuh jalur tersebut menurut Paulus juga telah terdaftar di Perusahaan Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah.

 

"Sebenarnya semua jalur sudah ada, cuma dulu terkonsentrasi di Patak Banteng," ungkapnya.

 

Jalur Patak Banteng dikenal sebagai jalur favoritTpendaki karena jarak yang dekat ke Puncak Gunung Prau yakni sekitar empat kilometer dan kemudahan akses transportasi. Kemudahan akses, fasilitas, dan rute yang tidak terlalu sulit menjadi alasan untuk mendaki melewati rute tersebut dibanding jalur lain.

 

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl itu menawarkan panorama seperti Gunung Sindoro, Sumbing, awan-awan menggumpal, dan tentunya momen matahari terbit dan tenggelam.

 

 

 

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS