beritadunesia-logo

Jakarta Times



Taman Kalijodo, Alternatif Wisata Murah di Jakarta

Selasa,2017-08-08,13:43:49
Tembok grafiti/mural, salah satu spot favorit bagi pengunjung Taman Kalijodo untuk berswafoto.
(Berita Dunesia)

JAKARTA - Siapa sangka daerah yang dulunya merupakan salah satu lokasi prostitusi terbesar di Jakarta ini telah disulap menjadi kawasan ruang terbuka hijau.

 

Kawasan dengan luas sekitar 1,4 hektar ini menjadi destinasi wisata baru bagi warga Jakarta yang membutuhkan ruang terbuka hijau.

 

Selain bisa dinikmati gratis, warga juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia. Mulai dari lintasan jogging, lintasan sepeda, skate parkamphiteatre, musala, playground untuk anak, perpustakaan mini, outdoor gym, toilet, dan lain sebagainya.

Taman Kalijodo mempunyai skatepark yang bisa dinikmati pengunjung untuk bermain skateboard, sepatu roda, sepeda, dan lain sebagainya.(KOMPAS.COM/Alek Kurniawan)
“Fasilitas-fasilitas yang ada di Taman Kalijodo ini cukup lengkap kalau menurut saya. Kebetulan anak saya suka bermain sepatu roda, kalau di sini kan luas jadi bisa main sepuasnya,“ ujar salah satu pengunjung, Ipah kepada KompasTravel.

  

“Yang masih kurang mungkin pepohonannya, ya. Kalau rindang pasti lebih nyaman dan juga gak panas seperti sekarang ini,“ tambahnya lagi.

 

Dari pantauan KompasTravel yang sedang berkunjung ke Taman Kalijodo memang belum ada pohon rindang untuk berteduh. Hal ini mengakibatkan panas terik yang menyengat pada siang hari. Oleh karena itu kebanyakan warga memilih untuk menuju Taman Kalijodo pada pagi atau siang hari.

 

Bagi yang menyukai fotografi, tampaknya Taman Kalijodo juga tak kalah dengan taman-taman lainnya. Yang menjadi perhatian pengunjung di Taman Kalijodo adalah dengan adanya coretan grafiti di sebuah tembok besar. Di sini banyak pengunjung yang berswafoto dengan riangnya.

 

“Tembok grafiti ini keren banget dan sangat instagramable,“ ujar salah satu pengunjung, Yoga Ardiansyah kepada KompasTravel.

 

Tak hanya sampai situ, terkadang pada akhir pekan atau libur panjang, terdapat bazaar di taman ini. Bazaar yang sudah mengantongi izin resmi ini biasanya menjajakan stan-stan makanan, minuman dan pakaian.

 

“Meskipun bazaar ini tidak diadakan rutin, namun bazaar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berkunjung, biasanya pada sore hari,” ujar salah satu pedagang di bazaar Taman Kalijodo, Ferri kepada KompasTravel.

Bazaar di Taman Kalijodo yang menjual berbagai makanan, minuman dan pakaian. Bazaar ini tak selalu ada setiap hari, hanya hari-hari tertentu misalnya akhir pekan dan libur panjang.(KOMPAS.COM/Alek Kurniawan)
Hal yang masih menjadi sorotan ketika bazaar berlangsung adalah kurangnya tempat sampah yang disediakan oleh panitia. Hal ini membuat masih ada saja sampah yang berserakan di sekitar tempat bazaar.

  

Taman Kalijodo terletak di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. 

 

 

PenulisAlek Kurniawan

EditorI Made Asdhiana 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS