beritadunesia-logo

Business Headline



Mendag Minta Stok Makanan Kemasan Dinaikkan 30 Persen

Rabu,2014-06-18,16:31:56
Menko Perekonomian Chairul Tanjung (tengah) bersama Menteri Perdagangan M Lutfi (kiri) dan Menteri Pertanian Suswono (kanan) melakukan inspeksi di Pasar Induk Cipinang
(Berita Dunesia) Jakarta - Makanan kemasan kadaluarsa marak beredar di pasaran jelang Lebaran. Produsen, importir, maupun pedagang nakal bermaksud mengambil untung dalam jumlah besar seiring kenaikan permintaan di masyarakat.

Mencegah hal itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memanggil para retail dan asosiasinya untuk meningkatkan stok makanan kemasan hingga 30 persen.

"Dan pengawasan kepada barang beredar," kata Lutfi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 18 Juni 2014.

Dia juga meminta agar mereka tidak mengedarkan makanan kadaluarsa. Jika pengusaha tetap melanggar, Lutfi tidak segan-segan akan menyerahkannya kepada proses hukum.

Gelar pasar murah


Kementerian Perdagangan juga akan menggelar pasar murah yang akan dilakukan di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

"Tugasnya itu pasar murah itu bukan untuk mendiskorsi pasar, kita juga tidak mau mendiskorsi pasar, menganggu petani dan pedagang," kata Lutfi.

Pemerintah, kata Lutfi akan mendiskorsi harga jika permintaan pasar tinggi. "Supaya tidak terjadi spekulasi, istilahnya kita untuk penyeimbang," ujar dia.
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS