beritadunesia-logo

Business Headline



Hari Ini, Tarif Listrik Naik

Selasa,2014-07-01,13:15:13
Menteri ESDM, Jero Wacik (ANTARA FOTO/Judhi-Humas ESDM)
(Berita Dunesia) Jakarta - Hari ini, Selasa 1 Juli 2014, adalah hari pemberlakuan kenaikan tarif listrik. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, meminta masyarakat untuk bersikap wajar terhadap kenaikan tarif listrik tersebut.

"Kenaikannya tidak terlalu seram. Jangan dilebih-lebihkan seakan kenaikan listrik menyeramkan," kata Wacik di Kementerian ESDM, Jakarta.

Dia mengatakan, bahwa mulai hari ini ada enam golongan yang akan dikenakan kenaikan tarif listrik, seperti Industri I-3 non go public, golongan Rumah Tangga R-1, dan golongan Rumah Tangga R-2. Keenam golongan tersebut mengkonsumsi listrik 1300 watt ke atas.

"Kebijakan kami di listrik itu, tidak menaikkan tarif listrik 450 watt dan 900 watt karena (keduanya) adalah keluarga masyarakat yang kurang mampu. Undang-Undang mengamanahkan masyarakat kurang mampu, wajib disubsidi. Kami melaksanakan Undang-Undang itu," kata dia.

Wacik mencontohkan, untuk golongan rumah tangga berdaya 1300 watt, kenaikan listriknya sebesar 11,36 persen.

Dia menuturkan, jika semula per bulannya dia membayar Rp182 ribu, sebelum ada kenaikan tarif listrik. Dengan adanya kenaikan tarif listrik ini, golongan tersebut membayar Rp202.675. Tarifnya naik sebesar Rp20.675 sebulan.

"Naiknya tidak sekaligus supaya tidak terasa. Kalau duit segitu, SMS berapa kali sudah habis. Beli rokok juga sudah habis. Bulan September naik (lagi) jadi Rp23.800. Jangan diseramkan. Ini untuk mengurangi subsidi. Ini namanya keadilan," kata dia.

Selain itu, menteri berasal dari Partai Demokrat ini mencontohkan juga, golongan rumah tangga dengan konsumsi listrik 3500 watt. Semula golongan tersebut membayar Rp731 ribu per bulan. Setelah ada kenaikan listrik ini, golongan tersebut membayar listrik sebesar Rp772 ribu atau mengalami kenaikan tarif listrik sebesar Rp41 ribu.

"Jadi, kira-kira itulah. Tidak terlalu seram, tapi namanya baik. Kami tetap punya hati," kata dia.
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS